"Membentuk Manusia yang Beriman dan Berilmu.
Bermanfaat Bagi Kemaslahatan Ummat"

English Day SMA PMS: Spelling Bee

pondok modern selamat

Belajar itu tidak hanya didalam kelas kok. Diluar kelas pun bisa jadi hal yang sangat menarik bagi para santri Pondok Modern Selamat untuk belajar.

“Ngomong apa sih kamu?”
“Enggak, namanya belajar ya jangan dibatasi tempat dan waktu, gitu aja”
“Hemmm,….”
“Memang ada apa toh?”
“Ini lho, santri SMA PMS sedang asyik belajar di English Day.”

English Day kali ini di isi dengan Lomba Speeling Bee. Itu tu, lomba mengeja dengan melafalkan huruf pada kata yang dilontarkan oleh juri. Mengeja ini dengan bahasa Inggris lho. Jadi melafalkan huruf dari kata dengan bahasa Inggris.

Oke, kita fokus pada Lomba Spelling Bee-nya ya?

Yang menjadi peserta English Day kali ini adalah santri kelas X dan XI SMA PMS. Setiap kelas mewakilkan dua santri untuk mengikuti lomba Spelling Bee. Ternyata ada tahapan-tahapan pada Spelling Bee ini.

“Tahapan? Kok begitu?”
“Lagi jelasin kok dipotong, dengerin dulu to!”
“Hemmm…. ya sudah deh, lanjutkan!”

Kita ulang lagi ya, ada tahapan-tahapan dalam Lomba Spelling Bee di English Day kali ini. Tahap pertama adalah penjaringan kelas. Jadi, setiap kelas mengirimkan dua santri terbaiknya untuk mengikuti lomba ini. Mereka diminta menuliskan 20 kosakata Inggris. dan dicari penulisan kosakata yang paling benar. Tahap pertama ini akan diambil sejumlah sepuluh santri untuk mengikuti tahap kedua.

“Ow.. gitu ya. Terus?”
“Yups,..”

Tahap kedua, 10 santri yang terpilih tadi akan diuji dengan didengarkan kosakata Inggris kemudian diminta untuk men-Spelling-kan, yaitu menyebutkan huruf-huruf yang ada dengan bahasa Ingris. Setelah itu diambil tiga terbaik. Dari tiga terbaik itu akan masuk pada tahap final.

Tentunya, pada tahap final ini uji kompetensinya harus lebih rumit dibanding dengan tahap pertama dan kedua. Di final mereka diminta mendengarkan kosakata dari juri. Setelah itu peserta diminta menulisnya, kemudian peserta diminta mengeja dan melafalkan. Huftt…. rumit bener ya. Kalau ejaan bahasa Indonesia sih sudah biasa. Nah, ini bahasa Inggris coba.

“Makanya banyak belajar!”
“Iya deh, iya…”

Kegiatan ini dimulai pukul enam pagi.

“Pukul 6 pagi? Nggak salah tu?”
“Nggak lah, Pukul enam kurang sepuluh menit santri PMS kan sudah masuk sekolah”

Harus diulang lagi deh. Kegiatan ini dimulai pukul 6 pagi dan berakhir pukul setengah delapan. Karena mereka harus mengikuti kegiatan pembelajaran yang lain. Adapun tempat yang digunakan yaitu joglo depan SMA PMS.
Dari kegiatan Spelling Bee ini didapatkan tiga peserta terbaik. Terbaik pertama adalah Brian Jimrayfes Rianto, terbaik kedua Muhammad Faikar Abdillah Panguriseng, dan terbaik ketiga Rachma Dicha Novenia. Pembimbing dari kegiatan ini adalah Ibu Zia dan Ibu Rosy.

pondok modern selamat

pondok modern selamat

pondok modern selamat

pondok modern selamat

pondok modern selamat

 

Kunjungi juga:

SMP PMS
SMP Unggulan PMS

SMA Unggulan PMS

Leave a Comment

five × four =

Pengunjung